Selasa, 23 April 2013
Srie: Kurikulum Baru: Siswa SMA Bebas Pilih Mapel Yang D...
Srie: Kurikulum Baru: Siswa SMA Bebas Pilih Mapel Yang D...: Srie, - Salah satu masalah yang masih tersisa dalam draft kurikulum 2013 untuk SMA adalah mengenai penjurusan. Apakah penjurusan masih a...
Srie: Kelompok Peminatan Dimulai Kelas X SMA, Guru BK SM...
Srie: Kelompok Peminatan Dimulai Kelas X SMA, Guru BK SM...: Srie, - Usai pelaksanaan tahap uji publik yang berakhir pada 23 Desember 2012 lalu, Kemendikbud telah memutuskan untuk menggunakan pola ...
Srie: Beban Kian Berat, Pemerintah Akan Ganti Skema Pens...
Srie: Beban Kian Berat, Pemerintah Akan Ganti Skema Pens...: Srie, - Akibat beban anggaran yang terus bertambah berat, saat ini pemerintah berencana akan mengubah skema program pembayaran pensi...
Srie: Mendikbud: Kemungkinan UN Akan Dihapus
Srie: Mendikbud: Kemungkinan UN Akan Dihapus: Srie, - Rencana pemberlakuan Kurikulum 2013 yang akan dimulai pada Juli, tahun ini, dapat dipastikan akan berpengaruh terhadap keberadaa...
Rabu, 17 April 2013
Selasa, 16
April 2013 | 14:56 WIB
Guru dan Kepala Sekolah Nilai
Kebijakan UN Sangat Tidak Tepat
JAKARTA, KOMPAS.com -
Guru, kepala sekolah, dan pengawas menganggap kebijakan ujian nasional (UN)
tidak tepat. Namun, pemerintah tetap memaksakan kebijakan UN meskipun layanan
pendidikan pada siswa belum terstandar secara nasional.
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia
(PB PGRI) Sulistiyo di Jakarta, Selasa (16/4/2013), mengatakan, tahun 2012 PB
PGRI secara internal melakukan survei tentang UN pada guru, kepala sekolah, dan
pengawas. Hasilnya tergambar sebagai berikut: guru sebanyak 28,57 persen
menganggap UN sebagai kebijakan yang tidak tepat, dan 42,86 persen sangat tidak
tepat.
Kepala sekolah mengangap kebijakan UN tidak tepat 26,15
persen, dan 49.23 persen menganggap kebijakan UN sangat tidak tepat. Adapun
pengawas sebanyak 27 persen menganggap kebijakan UN tidak tepat dan sangat
tidak tepat 41,77 persen.
Menurut Sulistiyo,
penilaian itu disebabkan UN tidak berhasil meningkatkan semangat
belajar, menimbulkan kecurangan, menimbulkan ketegangan murid, dan menanamkan
mental koruptif pada anak. "Meski demikian banyak keberatan dan dampak
buruknya, pemerintahan tetap melaksanakan UN setiap tahun. Bahkan pada 2013
nilai UN menjadi salah satu komponen yang menentukan untuk masuk perguruan
tinggi tanpa melalui tes (SMNPTN)," kata Sulistiyo.
Akan tetapi, pelaksanaan UN tiap tahun penuh masalah. Puncak
kekacauan UN terjadi tahun ini sehingga 11 provinsi tidak bisa serentak
mengikuti UN. PGRI, lanjut Sulistiyo, menganggap bahwa kekacauan UN tahun ini
bukan sekadar persoalan teknis, tetapi lebih daripada itu adalah masalah
humanis, masalah manusia atau human error.
"Karut marut UN merupakan cerminan dari tidak
kapabelnya manajemen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam meng-handle
amanah dan tugas-tugas penyelenggaraan pendidikan nasional," kata
Sulistiyo.
Menurut Sulistiyo, fenomena UN 2013 ini hendaknya
menyadarkan kita bahwa adalah muskil
mengharapkan kemajuan bangsa ini dengan mempercayakan pendidikan pada
pihak-pihak yang tidak berkompeten.
Sementara itu, kita tahu bahwa pendidikan adalah episentrum yang sangat
menentukan perjalanan bangsa ini pada masa mendatang.
Editor :
Rusdi Amral
Selasa, 16 April 2013
IWAN2REAL: Cara - Cara Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik...
IWAN2REAL: Cara - Cara Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik...: IWAN2REAL. Pengecekan DATA GURU / NUPTK / Dapodik - Pengecekan data seperti ini memanglah sangat penting, dan sangat fatal akibatnya bi...
Rabu, 09 Januari 2013
SMP N 4 Singaraja: Profil UKS SMP N 4 Singaraja
SMP N 4 Singaraja: Profil UKS SMP N 4 Singaraja: Latar Belakang Budaya hidup sehat merupakan salah satu masalah yang sering diperdebatkan di kalangan masyarakat. Itu terjadi karena kurangn...
SATYA JATI PRATAMA 18: Program Kerja Gerakan Pramuka SMPN 18 Bogor
SATYA JATI PRATAMA 18: Program Kerja Gerakan Pramuka SMPN 18 Bogor: PROGRAM KERJA GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN 02.065-02.066 PANGKALAN SMP NEGERI 18 BOGOR PERIODE 2008/2009 BAB I Pendahuluan Pendidikan untu...
Selasa, 01 Januari 2013
Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB (PISS-KTB): 731. DOA PERGANTIAN TAHUN
Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB (PISS-KTB): 731. DOA PERGANTIAN TAHUN: Doa Akhir Tahun Dibaca pada akhir bulan Dzul Hijjah yaitu sesudah ashar atau sebelum maghrib بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰن ِ الرَّحِيْم ِ...
Rabu, 19 Desember 2012
PERLU DIKETAHUI OLEH PENDERITA MAAG
Gangguan pada lambung sering disebabkan oleh tingginya kadar
asam di lambung. Selain karena terlambat makan ataupun stres, yang juga turut
memengaruhi naiknya kadar asam lambung adalah jenis makanan yang masuk ke
dalamnya. Masalahnya, menurut Jamie Koufman, MD, dan Jordan Stern, MD, penulis
buku In Dropping Acid: The Reflux Diet Cookbook & Cure, jenis makanan yang
berpotensi meningkatkan asam lambung justru banyak terdapat dalam menu harian
kita. Inilah tujuh jenis makanan yang disarankan kedua ahli Otolaryngology dari
New York untuk dikurangi konsumsinya:
1. Cokelat
Kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, seperti theobromine, dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.
Kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, seperti theobromine, dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.
2. Minuman bersoda
Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi adalah salah satu penyebab utama gangguan pada lambung. Pasalnya, minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung sehingga dapat membuat kondisi jadi makin tidak nyaman.
Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi adalah salah satu penyebab utama gangguan pada lambung. Pasalnya, minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung sehingga dapat membuat kondisi jadi makin tidak nyaman.
3. Makanan yang digoreng
Suka makan gorengan? Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan ini juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri terdapat di ulu hati.
Suka makan gorengan? Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan ini juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri terdapat di ulu hati.
4. Minuman beralkohol
Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.
Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.
5. Produk olahan susu yang tinggi lemak
Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sementara, produk olahan susu sendiri sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi mentega atau susu yang tinggi lemak apabila sering mengalami gangguan lambung. Atau setidaknya, beralihlah ke yang tanpa lemak.
Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sementara, produk olahan susu sendiri sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi mentega atau susu yang tinggi lemak apabila sering mengalami gangguan lambung. Atau setidaknya, beralihlah ke yang tanpa lemak.
6. Daging yang berlemak
Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda kurangi konsumsinya hingga hanya seminggu sekali. Beralihlah juga ke pilihan daging yang tanpa lemak.
Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda kurangi konsumsinya hingga hanya seminggu sekali. Beralihlah juga ke pilihan daging yang tanpa lemak.
7. Kafein
Kebiasaan minum kopi yang berlebihan setiap harinya dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi kopi, atau beralih ke teh.
Kebiasaan minum kopi yang berlebihan setiap harinya dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi kopi, atau beralih ke teh.
Senin, 17 Desember 2012
MANFAAT TEMULAWAK
MANFAAT TEMULAWAK.
(CURCUMA
XANTHORRHIZA ROXB.)
Temulawak dapat memiliki tinggi
hingga 2 meter dan memiliki bunga dengan warna kuning. Manfaat temulawak selama
ini digunakan penduduk Indonesia sebagai minuman serta bahan obat tradisional.
Manfaat temulawak antara lain dapat mengatasi serta mencegah berbagai
penyakit seperti: penyakit hepatitis, liver, produksi
cairan empedu, radang empedu, radang lambung, melancarkan pencernaan, hingga
penyakit gangguan ginjal.
Beberapa
Manfaat Temulawak.
Selain itu, berdasarkan
penelitian, manfaat temulawak kini
diketahui juga dapat mengatasi penyakit anemia, menurunkankolesterol, melancarkan peredaran darah,
mengatasi gumpalan darah, mengobati demam, malaria, penyakit campak, mengatasi pegal linu,
sakit pinggang, reumatik, mengobati keputihan, ambeien, sembelit, batuk, asma, radang tenggorokan, hingga radang saluran
pernapasan, mengobati eksim, jerawat, radang empedu,
serta mengingkatkan stamina, dll.
Beberapa
Cara Mendapatkan Manfaat Dari Temulawak.
Berbagai manfaat temulawak diatas
dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi temulawak yang diolah menggunakan
beberapa resep berikut:
- Mengobati penyakit liver: Sediakan 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut/mirten. Kemudian campur dengan air sekitar 600 cc, lalu rebus hingga air yang tersisa tinggal 300 cc. Setelah itu saring airnya dan minum dalam keadaan hangat.
- Untuk mengobati penyakit radang kandung empedu: Sediakan temulawak sekitar 30 gram, iris kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam 500 cc air dan rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. saring dan minum air rebusan temulawak tersebut.
- Mengobati sakit pegal linu, radang sendi, dan rematik: Sediakan 20 gram temulawak dan 20 gram jahe merah. Masukkan dalam 400 cc air dan rebus agak lama hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. Minum air rebusan ini selagi masih hangat.
- Mengobati penyakit batu empedu: Sediakan sekitar 25 gram temulawak, 30 gram meniran, dan gula aren secukupnya. Masukkan ketiga bahan tersebut kedalam air 500 cc dan rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc, kemudian saring dan minum airnya.
- Untuk mengatasi penyakit batuk hingga radang saluran pernapasan: Sediakan 25 gram temulawak, kemudian parut dan tambahkan air matang secukupnya. Lalu peras dan saring airnya. Beri air perasan 1 buah jeruk nipis dan madu secukupnya lalu minum.
Untuk memperoleh manfaat temulawak
yang maksimal, Anda dapat meminumnya dua hingga tiga kali sehari secara
teratur.
Posted by zhintaa pada Maret 6, 2012 in Uncategorized
Sabtu, 15 Desember 2012
ARTI PEMINDAHAN TALI TOGA SAAT DIWISUDA
Pemindahan tali toga saat wisuda. Ketika wisuda setiap mahasiswa
pasti memakai toga. Tetapi anda semua pada tau gak mengapa pada saat wisuda itu
tali toga disampirkan di kepala sebelah kiri, lalu kemudian oleh rektor
dipindah ke bagian kanan. Hayo ngaku dari demikian banyak sahabat anehdidunia
yang sudah wisuda namun masih belom tau artinya juga. sungguh terlalu :p
Toga merupakan simbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun ke masyarakat. Tali toga yang awalnya disampirkan di kepala sebelah kiri lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.
Toga merupakan simbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun ke masyarakat. Tali toga yang awalnya disampirkan di kepala sebelah kiri lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.
http://serunique.blogspot.com
Tali toga di sebelah kiri maksudnya adalah selama menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri. Dimana otak kiri itu hanya berhubungan dengan bahasa atau hafalan. Nah sahabat anehdidunia.blogspot.com, dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan itu dimaksudkan agar setelah lulus para sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri, tetapi harus lebih banyak menggunakan otak kanan. Dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Hal ini berhubungan dengan jenis pekerjaan yang harus dipilih para lulusan. http://serunique.blogspot.com
Diharapkan setelah lulus, mereka tidak hanya menggunakan otak kiri yang "hanya mengandalkan bekerja pada orang lain" namun "harus mampu berpikir kreatif, imajinatif dan inovatif" yang menggunakan otak kanan dalam menciptakan pekerjaan bagi diri mereka sendiri. Jadi,ini dimaksudkan agar para lulusan dapat berwirausaha secara baik.
Kamis, 08 November 2012
Jumat, 21 September 2012
EMPAT PILAR PENDIDIKAN
EMPAT
PILAR PENDIDIKAN MENURUT UNESCO
Pendidikan
menurut Unesco meliputi empat pilar, yaitu;
1.
Learning to know (belajar
menngetahui)
2.
Learning to do (belajar melakukan
sesuatu)
3.
Learning to be (belajar menjadi
sesuatu)
4.
Learning to live together (belajar
hidup bersama)
A. Learning
to know (belajar mengetahui)
Pendidikan
pada hakikatnya merupakan usaha untuk mencari agar mengetahui informasi yang
dibutuhkan dan berguna bagi kehidupan. Belajar untuk mengetahui (learning to
know) dalam prosesnya tidak sekedar mengetahui apa yang bermakna tetapi juga
sekaligus mengetahui apa yang tidak bermanfaat bagi kehidupannya.
Untuk
mengimplementasikan “learning to know” (belajar untuk mengetahui), Guru harus
mampu menempatkan dirinya sebagai fasilitator. Di samping itu guru dituntut
untuk dapat berperan ganda sebagai kawan berdialog bagi siswanya dalam rangka
mengembangkan penguasaan pengetahuan siswa.
B. Learning
to be (belajar melakukan sesuatu)
Pendidikan
juga merupakan proses belajar untuk bisa melakukan sesuatu (learning to do).
Proses belajar menghasilkan perubahan dalam ranah kognitif, peningkatan
kompetensi, serta pemilihan dan penerimaan secara sadar terhadap nilai, sikap,
penghargaan, perasaan, serta kemauan untuk berbuat atau merespon suatu
stimulus. Pendidikan membekali manusia tidak sekedar untuk mengetahui, tetapi
lebih jauh untuk terampil berbuat atau mengerjakan sesuatu sehingga
menghasilkan sesuatu yang bermakna bagi kehidupan.
Sekolah
sebagai wadah masyarakat belajar seyogjanya memfasilitasi siswanya untuk
mengaktualisasikan keterampilan yang dimiliki, serta bakat dan minatnya agar
“Learning to do” (belajar untuk melakukan sesuatu) dapat terrealisasi. Walau
sesungguhnya bakat dan minat anak dipengaruhi faktor keturunan namun tumbuh dan
berkembangnya bakat dan minat juga bergantung pada lingkungan. Seperti kita
ketahui bersama bahwa keterampilan merupakan sarana untuk menopang kehidupan
seseorang bahkan keterampilan lebih dominan daripada penguasaan pengetahuan
semata
C. Learning
to be (belajar menjadi sesuatu)
Penguasaan
pengetahuan dan keterampilan merupakan bagian dari proses menjadi diri sendiri
(learning to be). Hali ini erat sekali kaitannya dengan bakat, minat,
perkembangan fisik, kejiwaan, tipologi pribadi anak serta kondisi
lingkungannya. Misal : bagi siswa yang agresif, akan menemukan jati dirinya
bila diberi kesempatan cukup luas untuk berkreasi. Dan sebaliknya bagi siswa
yang pasif, peran guru sebagai kompas penunjuk arah sekaligus menjadi
fasilitator sangat diperlukan untuk menumbuhkembangkan potensi diri siswa
secara utuh dan maksimal.
Menjadi
diri sendiri diartikan sebagai proses pemahaman terhadap kebutuhan dan jati
diri. Belajar berperilaku sesuai dengan norma dan kaidah yang berlaku di
masyarakat, belajar menjadi orang yang berhasil, sesungguhnya merupakan proses
pencapaian aktualisasi diri.
D. Learning
to live together (belajar hidup bersama)
pada
pilar keempat ini, kebiasaan hidup bersama, saling menghargai, terbuka, memberi
dan menerima perlu dikembangkan disekolah. Kondisi seperti inilah yang
memungkinkan tumbuhnya sikap saling pengertian antar ras, suku, dan agama
Dengan
kemampuan yang dimiliki, sebagai hasil dari proses pendidikan, dapat dijadikan
sebagai bekal untuk mampu berperan dalam lingkungan di mana individu tersebut
berada, dan sekaligus mampu menempatkan diri sesuai dengan perannya. Pemahaman
tentang peran diri dan orang lain dalam kelompok belajar merupakan bekal dalam
bersosialisasi di masyarakat (learning to live together).
Untuk itu semua, pendidikan di Indonesia harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral. Dengan kemampuan dan sikap manusia Indonesia yang demikian maka pada gilirannya akan menjadikan masyarakat Indonesia masyarakat yang bermartabat di mata masyarakat dunia.
Untuk itu semua, pendidikan di Indonesia harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral. Dengan kemampuan dan sikap manusia Indonesia yang demikian maka pada gilirannya akan menjadikan masyarakat Indonesia masyarakat yang bermartabat di mata masyarakat dunia.
Langganan:
Postingan (Atom)